Selasa, 20 Januari 2015

Kabupaten Sidoarjo, merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Sidoarjo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik di utara, Selat Madura di timur, Kabupaten Pasuruan di selatan, serta Kabupaten Mojokerto di barat. Sidoarjo dikenal sebagai penyangga utama Kota Surabaya, dan termasuk kawasan Gerbangkertosusila.
Perikanan, industri dan jasa merupakan sektor perekonomian utama Sidoarjo. Selat Madura di sebelah Timur merupakan daerah penghasil perikanan, diantaranya ikan, udang, dan kepiting. Logo Kabupaten menunjukkan bahwa Udang dan Bandeng merupakan komoditi perikanan yang utama kota ini. Sidoarjo dikenal pula dengan sebutan "Kota Petis".
Sektor industri di Sidoarjo berkembang cukup pesat karena lokasi yang berdekatan dengan pusat bisnis Jawa Timur (Surabaya), dekat dengan Pelabuhan Laut Tanjung Perak maupun Bandar Udara Juanda, memiliki sumber daya manusia yang produktif serta kondisi sosial politik dan keamanan yang relatif stabil menarik minat investor untuk menanamkan modalnya di Sidoarjo. Sektor industri kecil juga berkembang cukup baik, diantaranya sentra industri kerajinan tas dan koper di Tanggulangin, sentra industri sandal dan sepatu di Wedoro - Waru dan Tebel - Gedangan, sentra industri kerupuk di Telasih - Tulangan.

Makanan Khas Sidoarjo
Lontong kupang atau kupang lontong adalah nama makanan khas daerah Jawa Timur. Makanan ini terkenal khususnya di daerah Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan. Di daerah pesisir timur Jawa Timur, lontong kupang yang terkenal adalah Kupang Keraton. Nama Keraton ini diambil dari suatu nama daerah atau suatu nama kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Sudah sejak lama penduduk daerah ini mencari dan berdagang kerang kupang. baik dijual mentah ataupun berupa kuliner ( lontong kupang ).





Sate kerang adalah makanan khas Indonesia terutama dari kota Surabaya, Sidoarjo. Sate kerang dibuat dari daging kerang. Unik bagi sate ini adalah bahwa daging kerang yang digunakan tidak dibakar atau dipanggang seperti layaknya sate lainnya, melainkan direbus. Sate ini biasanya disajikan bersama dengan Lontong Kupang, lontong balap, kecap dan sambal.


Kerupuk udang adalah kerupuk yang terbuat dari adonan tepung tapioka dan udang yang ditumbuk halus yang diberi bumbu rempah dan penambah rasa. Kerupuk ini banyak diproduksi di di Jabon dan Tulangan. Biasanya udang yang digunakan adalah udang-udang kecil atau udang rebon yang ditumbuk hingga halus. Adonan mentah ini kemudian dikukus dan setelah matang dan kenyal diiris tipis-tipis, setelah itu dijemur hingga kering. Pengeringan dengan terik matahari biasanya sekitar 2-3 hari. Kerupuk mentah yang kering ini siap digoreng kapan saja agar bisa menjadi kerupuk yang siap dihidangkan.

    
Bandeng asap adalah makanan khas Sidoarjo, Jawa Timur. Merupakan olahan dari ikan bandeng segar yang dimatangkan dengan cara pengasapan, menghasilkan bandeng asap dengan rasa yang khas dan lezat. Makanan olahan ini juga bisa tahan beberapa hari tanpa disimpan dalam lemari es, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh.








Bandeng presto adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini dibuat dari ikan bandeng (Chanos chanos) yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Asal mulanya ditemukan oleh Hanna Budimulya yang lahir di kota pati, Jawa Tengah dan akhirnya menjadi ikon besar Kota Semarang.

Ikan bandeng ini kemudian dimasak pada alas daun pisang dengan cari presto. Presto adalah cara memasak dengan uap air yang bertekanan tinggi. Makanan yang dimasak dengan cara ini diletakkan dalam panci yang dapat dikunci dengan rapat. Air yang berada di dalam panci ini kemudian dipanaskan hingga mendidih. Uap air yang timbul akan memasak makanan yang berada di dalam panci ini. Karena ikan bandeng terkenal memiliki banyak duri, bandeng presto adalah makanan yang digemari karena dengan cara masak presto duri-duri ini menjadi sangat lunak.

Petis adalah komponen dalam masakan Indonesia yang dibuat dari produk sampingan pengolahan makanan berkuah (biasanya dari pindang, kupang, atau udang) yang dipanasi hingga cairan kuah menjadi kental seperti saus yang lebih padat. Dalam pengolahan selanjutnya, petis ditambah karamel gula batok. Ini menyebabkan warnanya menjadi cokelat pekat cenderung hitam dan rasanya manis.
Petis biasa dipakai sebagai penyedap (seasoning) pada beberapa makanan seperti rujak (cingur, tahu, gobet, manis), kupang lontong (Sidoarjo), semanggi (Surabaya), lontong balap (Wonokromo, nama daerah di Surabaya), tahu campur (Lamongan), tahu tek (Lamongan), atau campor (Madura). Telur Petis di Surabaya termasuk hidangan rumahan yang favorit.
Rasa petis sangatlah enak dan cocok bagi lidah orang Indonesia.



Potensi Alam Sidoarjo
1.   Potensi hewani
a.   Udang
Sidoarjo dikenal sebagai sentranya budidaya tambak di Jawa Timur. Berdasarkan data statistik perikanan budidaya Jawa Timur, total produksi budidaya tambak sidoarjo terbaik kedua setelah kabupaten Gresik. Andalan produksi budidaya tambak kabupaten Sidoarjo adalah komoditas bandeng dan udang terutama udang windu dan vaname. Oleh karenanya tidak salah jika Sidoarjo menjadikan ikan bandeng dan udang sebagai ikon daerah.












                       
b.   Bandeng
Di sektor perikanan, Kabupaten Sidoarjo mengandalkan udang dan bandeng sebagai komoditas unggulan yang dijadikan maskot Kabupaten Sidoarjo. Dari total produksi budidaya tambak di Kabupaten Sidoarjo, produksi kedua komoditas tersebut mencapai lebih dari 85% dan sekitar 70% nya merupakan produksi bandeng.
Jumlah petani tambak Sidoarjo mencapai 3.227 orang dengan total luas lahan tambak 15.530 hektare. Desa-desa di Sidoarjo yang banyak terdapat tambak bandeng antara lain : Desa Banjar Kemuning (APS), Desa Kalanganyar, Desa Segoro Tamak dan Desa Gesik Semanggi.
Total produksi bandeng tahun 2009 mencapai 16,03 ribu ton atau naik 1,13% dibanding tahun sebelumnya. Di tahun 2010, produksi budidaya udang windu dan ikan bandeng di Sidoarjo meningkat meski terjadi anomali cuaca.  Produksi bandeng Sidoarjo 2010 meningkat menjadi 19.839 ton, sedangkan produksi udang 2010 melonjak 3.725 ton dari sebelumnya 3.465 ton.



c.   Telur bebek
Bermula dari pekerjaan warga Desa Kebonsari, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur sebagian besar adalah peternak bebek petelur sejak tahun 1990-an, hingga sampai sekarang kampung setempat dikenal dengan Kampung Bebek.Pemandangan kampung bebek sesuai dengan sebutannya. Sebagian besar warga di sana selalu sibuk dalam kerumunan bebek. Mereka selalu sibuk mengumpulkan telur-telur bebek yang bertebaran di sudut-sudut kandang, memberi makan sampai membersihkan kandang. Selain itu ada seorang yang sibuk membersihkan telur dan ada juga memilahnya.
Saat ini, setiap harinya minimal pak Sulaiman bisa menjual antara 700 sampai 1000 butir telur, kebanyakan para pembelinya yang langsung datang sendiri ke desa mereka. Satu butir telur matang harganya Rp 2.000, yang diasap Rp 2.200 selain itu pak Sulaiman menyediakan paket untuk pembelian telurnnya dari harga Rp 15.000 untuk 4 telur aneka rasa dan Rp 30.000 untuk 10 telur aneka rasa. Harga di sini memang sedikit lebih mahal dari daerah lain, tapi kualitas telur mereka sangat bagus.


2.   Potensi nabati

a.   Kacang hijau
Balitkabi terus berusaha mendorong diseminasi teknologi/inovasi untuk peningkatan produksi aneka tanaman kacang dan umbi dengan berbagai cara. Pada temu lapang kegiatan fasilitasi pengembangan kacang hijau dengan luas 3 ha, yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur lahan Kelompok Tani “Sumber Rejeki” Desa Sudimoro Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo (31/10), Balitkabi mengutus Dr Rudi Iswanto menjadi salah satu nara sumber.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sidoarjo, melaporkan bahwa Sidoarjo merupakan sentra produksi kacang hijau dengan luas 1500–1600 ha pada tahun 2014, turun dari tahun sebelumnya yang luasnya mencapai 2000 ha, disebabkan musim tanam padi yang mundur. Pola tanam yang umum dilakukan di Kab. Sidoarjo adalah padi—padi—kacang hijau. Kondisi pertanaman secara umum cukup baik, hal ini tampak dari beberapa petak demplot yang dipanen walaupun tanpa pengairan masih menghasilkan 1,9 hingga 2,4 t biji/ha, tergantung populasi tanam, frekuensi panen dan tingkat serangan penyakit. Dengan harga jual berkisar antara Rp14.000–Rp15.500 per kilogram biji kering panen, terbukti petani selalu menanam kacang hijau setiap tahun. Bapak Rokimin selaku ketua Kelompok Tani Sumber Rejeki mengatakan bahwa petani di daerah Tulangan selalu menanam kacang hijau setelah menanam padi, dan tidak pernah menanam komoditas lainnya.

b.   Jamur tiram
Bisnis budidaya jamur di Jawa Timur sudah cukup lama dikenal. Seperti kampung jamur Sidoarjo yang terdapat di kabupaten Sidoarjo. Mayoritas masyarakatnya melakukan budi daya jamur. Hal baik ini juga di dukung dengan pemodalan usaha oleh pemerintah kabupaten sidoarjo dan salah satu pihak swasta di daerah tersebut.Sampai saat ini sudah terdapat 31 warga di kampung jamur Sidoarjo yang ikut membudidayakan jamur sebagai alternatif pemasukan ekonomi keluarga.Tepatnya di Desa Wadungasih, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jatim, sebuah kampung jamur berdiri. Keberadaan kampung jamur itu tidak lepas dari inisiatif dari Sunarto, selaku pencetus kampung jamur yang ada di Sidoarjo.Menurut beliau, kampung jamur dibangun atas dasar keprihatinan terhadap warga sekitar yang kurang bisa memanfaatkan lahan lingkungan sekitar yang notabene memiliki tanah yang lembab dan sangat cock untuk lahan budidaya jamur.


c.   Tebu
SIDODADI merupakan sebuah Desa kecil yang terletak di kawasan kota Sidoarjo, meskipun       terletak di kawasan kota tetapi lahan untuk pertanian dan perkebunan masih luas utamanya kebun tebu.
Kabupaten Sidoarjo memiliki luas 63.438,534 ha atau 634,39 km2. Dengan potensi luas wilayah :
1.       Lahan pertanian 28.763 Ha
2.       Lahan perkebunan tebu 8.164 Ha
3.       Lahan pertambakan 15729 Ha
4.       Selebihnya tanah pekarangan dan pemukiman dan lain lain
Nama Kelompok XI MIA 3:
Ilham Muqorrobin
Ita muflichah
M. Akmaluddin
Rani Juwita R
Yohana M

1 komentar:

  1. Online Casino Site - ChoGam
    Online Casino Sites 카지노 ✓ Slots ✓ Jackpots ✓ Table Games ✓ Live Dealers. All Casino Sites are Safe. Find Casino Sites. งานออนไลน์ ✓ Check 1xbet For Bonuses ✓ Latest.

    BalasHapus